Jumat, 26 Desember 2008

Pengaruh Multimedia disisi Lain

Pengaruh Multimedia sangat besar dan berkembang pesat hanya dalam beberapa tahun, khususnya Internet, dan juga Televisi. Tidak hanya sampai di daerah saja bahkan sampai ke seluruh pelosok-pelosok dunia. Internet sangat bermanfaat bagi orang-orang yang bisa menggunakannya dengan benar misalnya para pebisnis yang sengaja memanfaatkan Internet sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada dunia khususnya para pengguna Internet, Mahasiswa yang memanfaatkan Internet untuk media belajar ataupun sharing dengan orang-orang yang sama-sama belajar pada materi tertentu, dan juga orang umum yang sengaja menginformasikan atau mencari informasi di seluruh dunia (negara-negara lain) tanpa harus datang menyaksikan langsung informasi tersebut ke lokasi yang dimaksud. Di Internet juga ada hiburan seperti game, dan yang lainnya. Saat ini Internet sudah menjangkau ke seluruh indifidu yang tanpa menggunakan PC (personal Computer) dapat berinternet ria yang didukung adanya Handphone dengan teknologi GPRS bahkan 3G nya. Kemudian Televisi (TV) yang memberikan banyak informasi kejadian, budaya, ataupun hiburan yang juga dapat dinikmati secara merata.

Inilah sisi lain yang akan saya uraikan :
Internet selain yang saya paparkan diatas banyak pihak yang menyalahgunakan atau sengaja menggunakan media Internet untuk hal-hal yang merusak moral manusia, misalnya membuat situs/mengupload/memasang gambar bahkan video yang tidak seharusnya mereka tampilkan atau sebarkan di Internet. Mungkin sebelumnya budaya demikian adalah budaya orang barat yang tidak mengenal etika, tapi saat ini banyak yang meniru budaya barat tersebut, sehingga pergaulan manusia Indonesia sekarang sudah tidak seutuhnya, bahkan banyak yang seperti binatang, yang seenaknya kesana-kemari (melakukukan seperti itu) tanpa adanya ikatan pernikahan. Kebanyakan yang terjadi pada mahasiswa/i yang kost jauh dari rumah dan jauh dari pantauan orang tuanya ditambah dengan pergaulan yang salah, sehingga banyak mahasiswi yang menanggung malu karena hamil diluar nikah, yang kemuadian ditinggal kekasihnya (yang menghamili tersebut), bahkan ada yang sampai membunuh janinnya alias aborsi, dan sebagainya.

Televisi berpengaruh besar kepada masyarakat, umumnya mode atau motif cara berpakaian yang kebarat-baratan lewat tayangan-tayangan televisi yang ditayangkan seperti baju ketat dan tipis sehingga terlihat kutang (BH) nya dan bahkan ada yang mengumbar auratnya, sampai-sampai Mas Anang membuat posting berjudul Pamer Kutang dan juga temanku si Khoirul Iervan memasang buletin-buletin di friendster berjudul Stop Baju Ketat beberapa kali, tapi ini yang ke- 10 disini... Habatnya yang kena pengaruh bukan hanya masyarakat kota ataupun daerah saja tapi sampai dengan masyarakat pelosok-pelosok desa juga.
Kemudian pengaruh lain lewat tayangan informasi atau berita kriminalitas justru malah banyak membuat orang menirunya, bukan merasa takut akan hukumannya.

Intinya kita sebagai manusia dan makhluk bertuhan (Hamba Allah) harus sadar, bisa menjaga diri dan mengerti mana yang baik, mana yang buruk, mana yang boleh dilakukan dan mana yang dilarang.
Taukah Anda Dunia kita ini tinggal sebentar lagi. Renungkanlah bencana terjadi dimana-mana, kemaksiatan juga dimana-mana, banjir, longsor, tsunami, perang dan sebagainya apa itu masih kurang cukup....
Semoga lewat posting ini membuat orang jadi sadar, dan menuju ke jalan yang benar. aamii.......in....

2 komentar:

  1. maaf.............pertanyaan rada menyimpang....tolong dund kasii teu cara hapus tema di nokia e63...........makasi.............

    BalasHapus
  2. Krn tema sama dg Applikasi kamu bisa lihat semua applikasi yg terinstall dihp km,di menu Applikasi/Application -> App. Mgr. nah disitu kan keluar semua,cari Nama tema yg akan kamu hapus,pilih dan delete/hapus,setelah selesai tema akan hilang. semoga membantu..

    BalasHapus